Selasa, 04 Agustus 2020

Cetak Kalender Hijriyah Terbaru



Percetakan Jaya Madina Surabaya - Kalender Hijriah atau Kalender Islam (bahasa Arab: التقويم الهجري; at-taqwim al-hijri') merupakan penentuan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah dan hari-hari penting lain umat Islam. Kalender ini dinamakan dengan Kalender Hijriah karena pada tahun pertama kalender ini terjadi peristiwa hijrah Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 Masehi.

Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, sedangkan kalender biasa (Kalender Masehi) menggunakan peredaran matahari.

Penentuan dimulainya sebuah hari dan tanggal pada Kalender hijriah berbeda dengan Kalender Masehi. Pada sistem Kalender Masehi, sebuah hari dan tanggal dimulai pada pukul 00.00 dini hari waktu setempat. Namun pada sistem Kalender Hijriah, sebuah hari dan tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut atau ketika memasuki waktu Maghrib.

Kalender hijriah dibangun berdasarkan rata-rata siklus sinodik bulan kalender lunar (qomariyah), memiliki 12 bulan dalam setahun. Dengan menggunakan siklus sinodik bulan, bilangan hari dalam satu tahunnya adalah (12 x 29,53059 hari = 354,36708 hari).Hal inilah yang menjelaskan 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek 10-12 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.

Kalender hijriah terdiri dari 12 bulan:


Kalender hijriah terdiri dari 7 hari. Permulaan sebuah hari diawali dengan terbenamnya matahari (tibanya waktu maghrib), berbeda dengan Kalender Masehi yang mengawali harinya pada saat tengah malam. Berikut ini adalah nama-nama hari dalam hijriah:


Percetakan Jaya Madina Surabaya menerima pesanan/ order untuk pengerjaan Kalender Hijriyah dari seluruh wilayah Indonesia.

Info lengkap silahkan WA : 0821-3925-2869
email : percetakanjayamadina@gmail.com
Head Office & Workshop : Jl. Keputih Tegal No.25-JM Kel. Keputih, Kec. Sukolilo, Kab. Surabaya, Jawa Timur 60111

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Melayani Karoseri Mini Dump Truck

Mini Dump Truck adalah truk jungkit yang teradopsi dari badan mobil angkut kecil sejenis (Pick Up Suzuki Carry, L 300, DFSK, Tata, Daihatsu ...